Pencahayaan Alami

 


#3. PENCAHAYAAN ALAMI

Pada era sekarang, konsep ramah lingkungan dan hemat energi pada sebuah bangunan banyak diterapkan. Salah satu contoh penerapannya adalah dengan membangun rumah dengan konsep pencahayaan alami, dimana dalam konsep ini lebih memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber pencahayaannya, penggunaan lampu sebisa mungkin diminimalkan.

Untuk mewujudkan rumah dengan konsep pencahayaan alami, dapat diterapkan tips berikut:

1.      Membuat ruangan dengan banyak bukaan

Bukaan yang dimaksud adalah berupa jendela kaca yang digunakan dalam jumlah besar pada ruang-ruang utama seperti ruang keluarga, kamar tidur, ataupun area kerja.

2.      Menambah skylight yang berfungsi seperti jendela pada plafond, selain itu tepat pada bagian bawah skylight ini dapat diletakkan tanaman maupun dibuat taman mini. Skylight sendiri bisa ditutupi dengan material kaca.

3.      Memanfaatkan tata ruang terbuka, tidak menggunakan/mendesain rumah dengan banyak sekat utamanya pada sisi rumahyang tidak memerlukan privasi tinggi.

4.      Memberikan material pemantul cahaya seperti cermin, dan tetap mempeertimbangkan faktor suhu yang dapat naik maupun turun akibat cahaya yang dipantulkan cermin.

5.      Menggunakan warna terang seperti warna putih, abumuda, warna pastel atau krem muda pada furniture atau dindingnya.

 

Sumber: https://www.archify.com/

(link lengkap à https://www.archify.com/id/archifynow/gunakan-pencahayaan-alami-hemat-energi-di-rumah-sendiri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages